Cegah Virus Corona, Masyarakat Diimbau Tunda Urus Dokumen Kependudukan

JAKARTA – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif mengimbau masyarakat menunda keperluannya mengurus dokumen kependudukan ke Dinas Dukcapil jika tidak sangat mendesak. Imbauan ini dikeluarkan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Kami mengimbau seluruh masyarakat yang tidak sangat urgen, untuk menunda dulu mengurus dokumennya ke Dinas Dukcapil,” kata Zudan saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (17/3/2020).

Ia mengatakan, kunci di China yang sukses melawan virus corona salah satunya adalah melakukan upaya jaga jarak, tidak saling bertemu, dan tidak berkumpul.

“Bekerja dari rumah, belajar di rumah dimaksudkan untuk menghindari dari penularan dan menularkan Covid-19. Keselamatan kita utamakan,” ucapnya.

ilustrasi (Dok Okezone)

Zudan menyarankan masyarakat yang memang membutuhkan dokumen kependudukan untuk sejumlah keperluan bisa mengaksesnya melalui aplikasi. Hal itu untuk mencegah terjadinya penumpukan antrean pelayanan dalam pengurusan dokumen kependudukan.

“Untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan dokumen kependudukan seperti untuk pengurusan BPJS dan rumah sakit bisa melalui aplikasi pelayanan online atau via nomor WA dan SMS agar tidak terjadi penumpukan antrean,” tuturnya.

Ia pun mengimbau masyarakat yang tidak terlalu mendesak mengurus dokumen kependudukan, untuk mengurus kembali hingga awal April 2020.

Sumber :
https://nasional.okezone.com/read/2020/03/17/337/2184509/cegah-virus-corona-masyarakat-diimbau-tunda-urus-dokumen-kependudukan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.