Mobil Layanan Keliling Mudahkan Masyarakat Kalsel: Rekam KTP-el Langsung Jadi!

Direktur Dafdukcapil Tavipiyono meninjau salah satu stand expo layanan mobil keliling Disdukcapil Kabupaten Banjar. (Foto-foto: Dukcapil/Ulfa)

Banjarbaru – Semarak HUT Provinsi Kalimantan Selatan ke-73 turut dimeriahkan dengan Expo Layanan Administrasi Kependudukan di halaman Kantor Disdukcapil Provinsi Kalimantan Selatan yang melibatkan seluruh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se-Kalsel, pada 30 Agustus hingga 3 September 2023.

Acara ini pun mendapatkan atensi khusus dari Ditjen Dukcapil Kemendagri dengan mengirim bantuan tim teknis dan peninjauan langsung Direktur Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, Akhmad Sudirman Tavipiyono, Sabtu (2/9/2023).

Bacaan Lainnya

Sesampai di lokasi, Direktur Tavip, sapaan karibnya, langsung bergegas meninjau salah satu stand expo layanan mobil keliling Disdukcapil Kabupaten Banjar. “Layanan adminduk seperti ini sangat efektif dan efisien. Rekam dan cetak KTP-el langsung jadi di tempat tanpa harus menunggu lama,” katanya.

Tak hanya rekam maupun cetak KTP-el, seluruh permohonan layanan adminduk lainnya juga dilayani di expo ini. Seperti permohonan Kartu Keluarga, KIA, maupun akta pencatatan sipil. Tavip pun secara simbolis menyerahkan KK, KTP-el, dan akta kematian kepada salah satu pemohon layanan.

Baca Juga : Peringati Hari Jadi Kalsel Dukcapil Buka Pelayanan Administrasi Kependudukan Selama 5 Hari

Baca Juga : Disdukcapil Kalsel Dapat Penghargaan Kemenkumham Kalsel di Momen Hari Kementerian Hukum dan HAM HDKD Ke-78

Kepada masyarakat yang hadir, Tavip mengingatkan untuk meningkatkan kepedulian tentang update data kependudukan. “Yang telah lulus pendidikannya, yuk update data di Kartu Keluarga ke Disdukcapil dengan menunjukkan ijazahnya. Yang berubah status perkawinannya, urus juga perubahan statusnya di KK. Ini penting, agar di KK Ibu/Bapak semua sesuai dengan kondisi terbaru,” jelas Tavip.

Selain itu, Tavip pula menekankan kepada jajaran Kadis Dukcapil kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan agar permohonan masyarakat dicek dengan teliti. Supaya hasil layanan dan update dokumen kependudukannya dapat diberikan sesuai dalam satu waktu tanpa harus bolak balik karena ada yang terlewat.

“Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh seluruh Disdukcapil se-Kalsel untuk menggenjot target aktivasi IKD. Pemohon yang hadir, berikan juga aktivasi IKD tanpa mereka minta. Kita berikan, infokan beragam manfaatnya,” lanjut Tavip.

Di akhir peninjauan stand layanan adminduk, Direktur Tavip menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Selatan yang telah menginisiasi layanan adminduk dalam Expo Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023.

“Kegiatan seperti ini harus terus dilestarikan dan dikembangkan. Harapannya dengan kesuksesan Kalsel ini dapat dicontoh oleh provinsi-provinsi lainnya,” ungkap Tavip.

Hal ini tentunya sejalan dengan arahan Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi di beragam kesempatan, bahwa layanan Dukcapil harus diberikan secara efisien dan efektif untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan dokumen kependudukan. (dukcapil.kemendagri.go.id)

Pos terkait