Dukcapil Banjar Gantikan 162 Ribu Lebih Akta/Kartu Keluarga yang Terdampak Banjir

MARTAPURA – Sebagai empati atas musibah yang menimpa ratusan ribu KK yang terdampak banjir, Disdukcapil Banjar melakukan Dukcapil Pro-Aktif.

“Dukcapil Pro-Aktif ini sebagai upaya kami mengganti dokumen kependudukan warga terdampak bencana banjir di Kabupaten Banjar. Banyak warga yang kehilangan atau rusak Akta Kartu Keluarga-nya,” ujar Kadisdukcapil Banjar Azwar, Selasa (26/1/2021).

Sementara Kasi Pendataan Penduduk Ditjen Dukcapil Kemendagri Zefanya Jocom mengatakan bahwa Kemendagri mengapresiasi dan sangat mendukung apa yang dilakukan Dukcapil Banjar.

“Kita datang memberikan supervisi bagaimana agar penggantian dokumen ini berjalan dengan cepat namun benar. Ini penting mengingat dokumen Kartu Keluarga sangat diperlukan bagi warga dalam kepengurusan dokumen lainnya,” beber Zefanya.

Dukcapil Pro-Aktif secara cepat merespon penggantian dokumen yang dibutuhkan warga terdampak. Ada lebih dari 162 ribu dokumen yang diganti.

Disdukcapil Banjar membuat kebijakan atau terobosan yakni melayani penggantian dokumen kependudukan bagi warga terdampak bencana banjir.

Azwar secara simbolis menyerahkan ribuan KK kepada perwakilan Kecamatan Pengaron disaksikan oleh para pejabat Dukcapil dari Banjarmasin, Tapin, Kotabaru, Balangan, Tanbu, dan Palangkaraya yang aktif ikut mensupport.

“Kami ditarget dalam lima hari sampai Jumat agar 162 ribu Kartu Keluarga ini bisa diganti secepatnya,” harap Azwar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.