Tingkatkan Kualitas Pelayanan Adminduk, Dukcapil Kemendagri Implementasikan Digital ID Melalui SIAK Terpusat

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Adminduk, Dukcapil Kemendagri Implementasikan Digital ID Melalui SIAK Terpusat

Banjarbaru, disdukcapil.kalselprov.go.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan, Ditjen Dukcapil Kemendagri melaksanakan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Selasa (8/2/2022).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian pada saat membuka Rakornas mengaku tertarik dengan tema Rakornas “SIAK Terpusat: Layanan Adminduk Digital Dalam Genggaman”.

Bacaan Lainnya

“Saya merasa tertarik dengan temanya. Ini betul-betul tolong dipahami. Saya ingat tentang bahasa ini tentang dampak kemajuan teknologi informasi. Bahasanya adalah the world in your palm. Dunia berada dalam genggaman karena teknologi informasi,” ujar Mendagri Tito.

Transformasi dan inovasi administrasi kependudukan diantaranya pendaftaran online, tanda tangan elektronik pada dokumen kependudukan, penggunaan kertas putih A4 80 gram, softcopy dokumen kependudukan dalam bentuk pdf dikirim ke email penduduk, Anjungan Dukcapil Mandiri dilaunching tahun 2019.

Baca Juga : Disdukcapil Kb Kalsel Gelar Workshop Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Bersama 13 Disdukcapil Kabupaten/Kota

SIAK Terpusat sendiri diterapkan secara bertahap, dimana pada uji coba pertama dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia pada tahun 2020 sebanyak 8 Kabupaten/Kota menerapkan SIAK Terpusat.

Dilanjutkan pada tahun 2021 sebanyak 49 Kabupaten/Kota dan Provinsi DKI Jakarta (6 Kabupaten/Kota) termasuk Kota Banjarbaru mewakili Kalimantan Selatan berhasil menerapkan sistem tersebut. Sedangkan sisanya sebanyak 450 Kabupaten/Kota dan 33 Provinsi akan diterapkan pada tahun 2022 ini.

Sebagai bentuk komitmen dalam melayani Administrasi Kependudukan, Disdukcapil & KB Provinsi Kalsel akan berkoordinasi dengan tim Pusat dan Dukcapil di Kabupaten/Kota untuk segera menyiapkan sumber daya guna menyambut penerapan SIAK Terpusat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.